Selamat Datang di Blog Umi Alviyah,Semoga Anda Tidak Menyesal Mengunjungi Blog Ini !!!

Pages

Selasa, 22 April 2014

Faktor Penyebab Kurangnya Motivasi para Lulusan SMA Di Desa Kasaka Kec. Kabawo Kab. Muna Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi ( Tinjauan Geografi )





ABSTRAK
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor geografi yang menpengaruhi motivasi para lulusan SMA di Desa Kasaka Kec. Kabawo dalam melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dan faktor sosial ekonomi orang tua.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Variabel dalam penelitian ini adalah faktor yang sangat berpengaruh terhada kelanjutan pendidikan lulusan sma ke perguruan tinggi.  Populasi dalam penelitian ini adalah para lulusan SMA yang jumlahnya 59 orang dan orang tua yang memiliki anak tidak melanjutkan ke Perguruan Tinggi. Teknik pengumpulan data di lapangan menggunakan teknik-teknik: angket,wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang di peroleh melalui angket menggunakan analisis porsentase.
Hasil penelitian dan analisis data yang di lakukan menunjukan bahwa faktor utama penyebap kurangnya motivasi para lulusan SMA adalah : faktor geografis dan faktor sosial ekonomi orang tua. Dari hasil penelitian dia atas dapat Di Simpulakn bahwa faktor penyebapnya yaitu : (1) faktor geografis yaitu jarak rumah ke perguruan tinggi yang jauh ,Keadaaan topografi yang kasar yaitu berupa perbukitan, sehingga menyebabkan daerah tersebut sulit untuk berhubungan dengan daerah lain. keadaan jalan yang rusak dan transportasi yang kurang memadai (2) faktor sosial ekonomi orang tua yaitu pendidikan orang tua rendah yaitu 83,05% hanya lulusan SD. Mata pencaharian orang tua  76,27% adalah petani dan pendapatan orang tua 81,4% rendah yaitu kurang dari Rp 600.000,.
Kata kunci : Lulusan SMA, Motivasi, Melanjukan Ke Perguruan Tinggi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates