Selamat Datang di Blog Umi Alviyah,Semoga Anda Tidak Menyesal Mengunjungi Blog Ini !!!

Pages

Minggu, 02 Maret 2014

3 Cara Mencari Inspirasi Membuat Lagu



Salah satu anggota grup Mahir Menulis Lagu di Facebook mengutarakan kesulitannya mendapat inspirasi membuat lagu. Apakah Anda sering mengalami hal yang sama?


“Genius is one per cent inspiration, ninety-nine per cent perspiration”.
Thomas Alva Edison
Kutipan di atas berarti kerja keras adalah langkah yang penting untuk mendapatkan hasil yang Anda inginkan. Inspirasi itu sendiri datangnya bukan karena Anda menunggu, tapi karena Anda bertindak.
Nah, masalahnya adalah: Anda sering merasa tidak termotivasi untuk mulai bertindak, karena tidak ada inspirasi untuk membuat lagu! Jadi yang manakah yang tiba lebih dulu: inspirasi atau tindakan?
Menurut kisah yang disampaikan Elizabeth Gilbert, tindakan lebih penting dibanding menunggu. Dalam video ini, simak beliau menceritakan betapa pentingnya kerja keras untuk menjadi jenius:
Dalam tutorial ini saya akan memberikan beberapa tips untuk membantu Anda mulai bertindak, dan cara mencari inspirasi lagu yang Anda butuhkan untuk terus bergerak.
1. Membuat lagu dengan “mencontek” lagu lain
Tanpa ragu, cara yang paling ampuh untuk mendapat inspirasi membuat musik adalah dengan dengar lagu artis lain sebanyak-banyaknya. Lebih bagus lagi bila lagu tersebut bukan genre yang biasa Anda dengar.
Saya sendiri selalu memprogramkan agar mendengar lagu baru setiap hari. Saya tidak harus suka, bahkan saya tidak harus mendengar secara penuh konsentrasi – yang penting saya mendengarnya.
Anda juga bisa mendengar lagu-lagu baru dari radio, televisi, atau dari internet. Dengan semakin Anda mendengar lagu lain, Anda akan mulai mendapat “serpihan serpihan” inspirasi untuk mulai membuat lagu Anda sendiri.
Silakan baca tutorial berikut untuk tips lebih lanjut.
2. Menerima inspirasi dari mimpi
Ya, memang terdengar aneh – tapi saya rasa Anda pasti pernah mengalaminya.
Otak manusia adalah kreasi yang ajaib yang bisa menghasilkan ide-ide terhebat ketika kita sedang tidak memikirkannya. Contoh yang sering terjadi untuk saya sendiri adalah mendapat inspirasi membuat dan mencari nada sebuah lagu dari alam mimpi.
Walaupun jarang, tapi pada beberapa kesempatan saya terbangun dengan masih ingat untaian melodi yang muncul dalam mimpi. Supaya melodi itu terus teringat, saya selalu menyimpan alat untuk merekam (seperti telpon seluler) di samping tempat tidur.
Baca tutorial ini ntuk tips lebih lanjut tentang cara agar dapat inspirasi dalam mimpi.
3. Kolaborasi dengan pembuat lagu lain
Mungkin ada keengganan dari Anda untuk bekerja sama dengan pembuat lagu lain karena takut lagu Anda tidak keluar secara alamiah atau dibuat-buat. Namun, berdasarkan pengalaman saya, kolaborasi dengan sesama penulis lagu adalah cara yang ampuh untuk mendapat inspirasi!
Tentunya, Anda harus bergaul dalam komunitas pembuat lagu (seperti dalam grup Facebook ini). Anda bisa juga melakukan “tatap muka” dengan pembuat lagu di lingkungan atau kota Anda.
Anda bisa kolaborasi dengan pembuat lagu yang berbeda aliran (untuk hasil yang lebih beda) atau dengan yang alirannya mirip dengan Anda (untuk hasil yang lebih kuat).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates