Selamat Datang di Blog Umi Alviyah,Semoga Anda Tidak Menyesal Mengunjungi Blog Ini !!!

Pages

Minggu, 02 Maret 2014

30 Cara Menemukan Inspirasi Menulis


Ada banyak cara untuk menemukan inspirasi. Berikut ini beberapa jalan menemukan inspirasi untuk menulis:
Cari Inspirasi1
Blog. Ini adalah salah satu favorit kebanyakan orang. Selain blog, ada puluhan blog penulisan besar lainnya dan setiap topik dikeluarkan setiap hari. Bacalah tentang sesuatu yang berguna untuk orang lain – itu mengispirasi kita untuk melakukan sesuatu!
Cari Inspirasi2
Buku. Bacalah buku-buku dari penulis kesukaan Anda, curi tulisan mereka untuk dianalisis dan dapatkan inspirasi dari apa yang mereka (penulis besar) lakukan. Namun, jangan terlalu terpaut pada apa yang Anda suka, cobalah untuk menelan segala jenis genre dan karya penulis lainnya. Dengan begitu, mungkin Anda dapat menemukan inspirasi yang baru.
Cari Inspirasi3
Mendengar dialog. Jika kita berada di fasilitas publik seperti mall atau kantor pos atau yang lainnya, kita seringkali mendengar pembicaraan orang. Bukan bermaksud jelek dengan menguping pembicaraan orang, tapi terkadang dari pembicaraan orang ada hal-hal menarik yang tidak kita tahu. Jika Anda kebetulan mendengar potongan dialog yang menarik, tulislah dalam jurnal tulisan Anda sesegera mungkin. Hal ini dapat berfungsi sebagai ‘bahan’ untuk menulis.
Cari Inspirasi4
Majalah. Majalah yang baik tidak selalu diisi dengan tulisan yang hebat, tapi biasanya Anda dapat menemukan satu yang menarik baik fdari iksi atau non-fiksi. Gaya penulisan, cara menyampaikan, irama dan kemampuan untuk menarik dapat mejadi potongan-potongan yang menginspirasi. Bahkan, majalah yang kurang bagus juga masih dapat dijadikan bahan untuk inspirasi, misalnya dalam gaya-gaya posting yang baik. Majalah jenis seperti ini, biasanya memang tidak menarik pembaca dengan tulisan yang hebat, tapi dengan  membuat sudut cerita yang membuat pembaca tertarik.
Cari Inspirasi5
Film. Terkadang saat menonton film, karakter akan mengatakan sesuatu yang begitu menarik sehingga membuat kita ingin mengabadikannya. Tidak jarang penulis skenario bisa menuliskan dialog yang indah.
Cari Inspirasi6
Forum. Ketika orang menulis di forum, mereka jarang menuliskan dengan gaya dan keindahan. ‘Forumers’ menulis untuk menyampaikan informasi dan ide-ide. Namun, ide-ide tersebut bisa menjadi cantik dan menginspirasi jika dimulai dari diri mereka sendiri. Mereka dapat menginspirasi Anda dengan lebih banyak ide. Anda tidak harus membaca beragam forum setiap hari, tetapi jika Anda sedang mencari informasi, mencari dan membaca beberapa forum juga bukan ide yang buruk.
Cari Inspirasi7
Seni. Untuk yang bercita-cita menjadi seorang penulis, tidak ada inspirasi yang lebih baik dari karya seni yang besar. Meskipun tidak bisa dibandingkan dengan pengalaman orang yang dapat melihat seni secara pribadi, kita dapat menemukan inspirasi dari karya seni yang diletakkan di desktop komputer untuk kontemplasi. Tidak harus selalu karya klasik, hasil karya dari seniman lokal juga bisa memberikan ide baru.
Cari Inspirasi8
Musik. Musik dapat menjadi teman ‘penghantar’ menulis Anda. Cobalah musik-musik klasik atau instrument yang dapat memberikan Anda ketenangan ketika sedang menulis. Dari ketenangan itulah akan muncul ide-ide yang dapat langsung kita tuangkan kedalam tulisan.
Cari Inspirasi9
Teman. Percakapan dengan teman-teman baik dalam kehidupan nyata, di telepon atau melalui email, terbukti dapat menginspirasi beberapa tulisan yang akan dibuat. Mereka dapat membangkitkan ide-ide hanya dengan sebuah lelucon atau dengan menyumbangkan ide-ide mereka sendiri, dan ide mereka dapat menjadi sesuatu yang bahkan lebih hebat daripada yang kita bisa buat.
Cari Inspirasi10
Kelompok menulis. Apakah secara online atau face-to-face, kelompok menulis adalah cara yang bagus untuk mendapatkan energi dan motivasi menulis Anda. Bersama komunitas, kita dapat membuat karya yang nantinya dipresentasikan dan saling melemparkan kritik. Bukankah itu sangat baik untuk perkembangan kualitas tulisan kita?
Cari Inspirasi11
Buku The Pocket Muse. Sebuah buku yang penuh tulisan inspiratif. Buku ini tidak dapat dikalahkan oleh buku manapun!
Cari Inspirasi12
Kutipan. Aku tidak tahu mengapa satu kalimat dapat menjadi manjur untuk membuka ide, tapi kutipan yang besar memang dapat membantu menginspirasi. Quotes-quotes dapat memicu ide seseorang agar menuliskan suatu kisah. Ternyata satu atau dua kalimat dapat menunjukkan apa yang bisa dilakukan dengan bahasa. Mereka memberikan motivasi untuk perbaikan diri.
Cari Inspirasi13
Alam. Terjebak tanpa ide-ide? Pergi lah jalan-jalan atau jogging ke tempat-tempat yang dipenuhi lading dengan pemandangan yang hijau. Karena dengan menghargai keindahan di sekitar Anda, inspirasi akan lancar mengalir dalam pikiran Anda. Selain matahari terbit dan terbenam, apapun yang terlibat dengan air sangatlah indah dan membuat pikiran jernih.
Cari Inspirasi14
Sejarah. Tidak pernah terpikirkan sebelumnya bukan? Tetapi orang-orang besar dalam sejarah bisa menginspirasi Anda kedalam sesuatu yang besar. Benjamin Franklin, Gandhi, Abraham Lincoln, Helen Keller, Leonardo da Vinci, dan orang-orang hebat lainnya.
Cari Inspirasi15
Perjalanan. Apakah itu menuju belahan dunia, atau day trip ke kota disebelah pulau atau hanya pergi ke taman nasional, yang pasti keluarlah dari wilayah yang Anda jadikan tempat beraktivitas. Dengan menemukan tempat-tempat baru, orang-orang dan adat istiadat yang baru, dapat menjadi salah satu inspirasi terbaik untuk menulis. Gunakan tempat-tempat baru untuk membuka cara pandang Anda yang baru.
Cari Inspirasi16
Anak. Bagi Anda yang sudah mempunyai keluarga dan anak, bergembiralah. Karena dengan menghabiskan waktu bersama anak kita dapat inspirasi dari apa yang dibicarakan anak, komentar-komentar sederhana yang keluar dari mulut mereka, dari buku yang anak baca, dll. Dari mereka kita akan mendapat pandangan baru tentang kehidupan, tentang kemanusiaan, dan tentang cinta.
Cari Inspirasi17
Olahraga. Saat sedang berlari, ada sesuatu ketenangan akibat dari kombinasi peningkatan aliran darah melalui otak Anda, udara segar di luar lingkungan yang benar-benar dapat merangsang pikiran.
Cari Inspirasi18
Agama. Banyak dari agama-agama besar di dunia memiliki ide-ide indah dan inspiratif di dalamnya. Coba pelajari tulisan-tulisan bukan hanya tentang Islam, tetapi juga Kristen dan Yahudi, Bahai’i, Buddhisme, Taoisme, dan banyak budaya dengan beberapa dewa alam lainnya. Itu cukup menambah pengetahuan mengenai agama yang dapat memberikan kita gambaran-gambaran baru oal penafsiran hidup, misalnya.
Cari Inspirasi19
Koran. Koran selalu menyajikan berita yang tampaknya seperti siklus tak berujung. Dengan hal yang sama dan terjadi berulang-ulang. Namun, jika Anda tahu bagaimana melihatnya (dengan baik), Anda dapat menemukan cerita human interest yang inspiratif. Cerita tentang orang-orang yang telah menang melawan kesulitan.
Cari Inspirasi20
Khayalan. Gampang jika hanya bermimpi dan menghkayal. Namun tunggu dulu, walalupun mudah, ternyata kegiatan ini tidak semua orang menguasainya. Dengan menuliskan mimpi-mimpi di jurnal mimpi, kita dapat mengkoreksi apa yang telah terjadi, atau apa yang akan terjadi dengan memberinya senruhan-sentuhan ajaib dari hal-hal yang tak pernah terpikirkan sama sekali. Ya, tentu saja dari hasil ‘mengkhayal’.
Cari Inspirasi21
Menulis jurnal. Kegiatan yang sangat direkomendasikan untuk setiap penulis. Tidak harus mewah, atau harus Anda tulis setiap hari. Anda dapat melakukannya hanya dengan notebook biasa, meskipun jurnal yang bagus dapat lebih memotivasi. Tuliskan pikiran, inspirasi, kutipan, potongan tulisan, potongan dialog, plot ide dan karakter baru yang baik yang Anda temukan. Anda dapat mengumpulkannya dan membukanya kembali jika Anda sedang membutuhkan inspirasi.
Cari Inspirasi22
Situs Del.icio.us. Ini situs bookmark populer yang menyediakan harta karun berupa artikel besar, postingan blog dan sumber-sumber pengetahuan lainnya. Banyak terdapat contoh tulisan yang dapat kita ‘tiru’. Meskipun Anda tidak harus mencuri ide-ide ini, Anda dapat menyesuaikannya dengan topik blog tertentu, atau menggunakan ide-ide dalam situs ini untuk memicu ide baru Anda sendiri.
Cari Inspirasi23
Puisi. Bagaimana bisa puisi menginspirasi prosa? Melalui keindahan, aliran, gaya, penggunaan ritme dan permainan kata-katanya. Melalui penggunaan bahasa dan musik.
Cari Inspirasi24
Shakespeare. Tentu saja dia bukan satu-satunya penulis drama, tapi dipastikan dia yang terbaik, dan master terbesar dari bahasa Inggris juga. Walaupun masih banyak yang belum terbiasa dengan bahasa waktunya. The Bard tertulis dengan indah, menggunakan kosakata terbesar dari setiap penulis Inggris, menemukan kata-katanya sendiri yang terdiri dari frase menarik yang bahkan digunakan sampai hari ini, memiliki lebih banyak permainan dan tikungan kata. Tidak ada penulis yang lebih layak dan lebih inspiratif seperti dia.
Cari Inspirasi25
Google. Siaga lama, Google telah sering membantu seseorang keluar dari masalahnya. Hanya tinggal mengetikkan topic yang kita inginkan. Ada banyak bahan untuk dijadikan materi disana.
Cari Inspirasi26
Freewriting, adalah salah satu cara terbaik untuk melepaskan diri jika Anda sedang bersemangat. Hanya mulai menulis. Apapun! Itu tidak masalah. Jangan mengedit, jangan berhenti, jangan berpikir. Hanya menulis dan biarkan mengalir. Memang pada akhirnya Anda akan berakhir dengan banyak tulisan sampah, tapi itu akan membantu Anda keluar dari kebiasaan Anda “malas” menulis. Dengan begini Anda sudah keluar dari masalah Anda, karena tulisan sampah bisa menjadi tulisan yang baik jika kita edit.
Cari Inspirasi27
Brainstorm. Mirip dengan freewriting, tapi jika freewriting menulis prosa, disini Anda menuliskan ide. Biarkan mereka mengalir. Kecepatan dan kuantitas lebih penting daripada kualitas. Di brainstorming, ide-ide kemungkinan besar akan Anda temukan dari yang kecil sampai yang besar. Dapat dijadikan salah satu alternative favorit dalam menuliskan ide-ide.
Cari Inspirasi28
Melanggar rutinitas Anda. Cobalah keluar dari kebiasaan Anda untuk melihat sesuatu dari perspektif baru. Jika Anda biasanya mengambil satu rute untuk bekerja, besok coba beberapa rute yang lain. Jika Anda biasanya bangun, bersiap-siap untuk bekerja, lalu pergi. Besok  coba berolahraga di pagi hari atau melihat matahari terbit sebelum memulai aktivitas harian Anda. Jika biasanya menonton TV pada malam hari, cobalah membaca atau menulis sesuatu.
Cari Inspirasi29
Kisah sukses. Ketika kita sedang berlatih maraton untuk memulai tulisan pertama kita, misalnya, kita bisa membaca segala macam kisah sukses dari orang-orang yang telah sukses lebih awal dibandingkan kita. Akan ada suatu energi yang membuat kita ingin terus maju tanpa mereasa ingin putus asa atau berhenti sejenak. Ada kisah sukses untuk menulis, atau apa pun yang Anda ingin Anda baca, yang akan menginspirasi otak Anda untuk lebih berekspolrasi.
Cari Inspirasi30
Menonton orang-orang. Ini adalah kegiatan yang menarik bagi penulis apapun. Pergi ke tempat umum yang sibuk dan hanya duduk dan menonton orang-orang yang sedang melakukan kegiatan apapun. Mereka akan menghibur Anda, menginspirasi Anda, dan bahkan membuat Anda terpesona. Tidak ada yang lebih menginspirasi daripada kemanusiaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates